Cara Menghilangkan Virus Sality Sampai Habis Dari Komputer

Cara Membasmi Virus Sality – Secara kasat mata, tidak terlalu banyak perbedaan antara file yang terinfeksi dengan file yang belum terinfeksi, yang membedakan hanyalah ukuran yang bertambah lebih besar dari ukuran sebelum terinfeksi, biasanya ukuran yang bertambah hanya beberapa KB saja.

Jika file terinfeksi tersebut dijalankan, maka file tersebut dapat berjalan seperti biasanya, sehingga user tidak mengira bahwa file yang ia jalankan tersebut telah terinfeksi virus, padahal di balik itu Sality sudah menetap di sistem. Virus Sality juga mampu menginjeksi file tumpangannya dengna ukuran file bervirus tidak seragam, sehingga lebih sulit dibedakan dibandingkan virus lain. Sality akan bekerja ekstra cepat dalam mengembang biakkan anak-anaknya, Inilah satu alasan mengapa sulitnya membersihkan virus satu ini, dimana anak-anak tersebut akan mengembangkan diri secara terus menerus, sementara Ibu(mother)nya akan menetap berdiam diri. Tugas kita yang paling sulit adalah menemukan dimana tempat Induk semangnya berada sekaligus menghapusnya, karena percuma pabila kita hanya melenyapkan anak-anaknya saja sementara induknya masih tetap duduk manis di singgasananya.

Cara Menanggulangi Sality

 

  1. Putuskan Akses Internet atau Wireless
  2. Matikan Autoplay/Autorun, dengan cara masuk ke Control Panel>Hardware and Sound>Autoplay>lalu hapus tanda centang-nya
  3. Matikan Proses-proses misterius yang sedang berjalan dengan task manager atau program pemutus lainnya.
  4. Masuk ke Drive yang terinfeksi, jika ada File yang bernama Autorun.inf, Hapus saja!
  5. setelah itu kita beranjak ke bentuk fisik si sality, biasanya berekstensi *.exe atau *.pif, dari mana tahunya kalau itu virus sality? anda bisa menggunakan smadav, lalu masuk ke drive tersebut, nanti akan terdeteksi smadav dan diberitahukan nama virus-nya.
  6. Re-Name Virusnya! rename dengan menggunakan nama acak-acakan juga boleh! lalu ganti ekstensi-nya, misalkan yang tadinya ia *.exe, ganti menjadi *.doc, *.jpg, atau lainnya!
  7. Lalu Hapus! Sality tak akan kembali lagi!

Dari Cara dia atas, kemungkinan Sality akan kembali sangat kecil, namun apabila itu terjadi, langsung saja kita download Sality killer dan dipadukan dengan salah satu anti virus terupdate misalnya Avast/Avira/AVG/Eset dan lainnya.

Iklan

Diterbitkan oleh

FileInfoMenarik

Teruslah berbagi tanpa mengenal kata lelah dan tanpa batas!